Selasa, 25 Desember 2018

Kista Bartholin - Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kista Bartholin

Kelenjar Bartholin pada wanita terletak di bagian dalam subkutan dari vagina, hanya sekecil biji kacang polong. Kelenjar ini terletak di bawah kulit di sekitar labia dan di saluran kemih. Kista kelenjar Bartholin adalah penyumbatan saluran dan di kelenjar diisi dengan cairan berminyak.

Kelenjar Bartholin sangat berbeda ukurannya, mungkin hanya seperti marmer kecil tetapi bisa sebesar jeruk. Tumor ini sering berkembang lambat. Ketika kelenjar atau saluran Bartholin terinfeksi, itu disebut abses Bartholin. Sangat jarang, kedua kelenjar Bartholin terinfeksi sekaligus.

Penyebab folikel kelenjar Bartholin

Infeksi saluran genital, atau lendir yang terlalu kental juga dapat menyumbat tabung Bartholin. Ketika lendir tersumbat di dalam dan diproduksi kista Bartholin. Stimulasi seksual menyebabkan lebih banyak lendir untuk membuat folikel tumbuh lebih cepat.

Kadang-kadang kelenjar Bartholin menjadi terinfeksi karena penyakit menular seksual. Dapat mengurangi risiko infeksi dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks.

Gejala

Kista Bartholin umum terjadi pada wanita berusia 20-29 tahun. Jika kelenjar Bartholin tidak terinfeksi, gejala yang paling umum adalah nodul kecil tetapi tidak ada rasa sakit. Beberapa mungkin mengering sendiri tanpa dampak apa pun. Anda mungkin melihat bintik-bintik merah yang menonjol di vulva. Folikel dapat membengkak hingga ukuran dari 0,64cm - 7,62cm. Pasien dapat mencari tahu sendiri atau terdeteksi selama pemeriksaan kesehatan.

Jika kelenjar Bartholin meradang, kelenjar tidak akan menghasilkan sebum, yang menyebabkan rasa sakit terbakar selama hubungan seksual dan stimulasi kandung kemih. Ketika infeksi dengan Bartholin menjadi abses, itu berkembang pesat selama sekitar 2-4 hari dan seringkali sangat menyakitkan, bahkan ketika berjalan atau duduk itu menyakitkan.

Bagaimana cara mengobati kista bartholin?

Ketika ada manifestasi dari kista kelenjar Bartholin, pasien harus segera datang ke fasilitas medis khusus untuk saran dan perawatan yang tepat. Untuk kista Bartholin ketika membesar, gejalanya seringkali dapat dihilangkan dan orang sering mengeringkannya selama beberapa minggu, ketika bibir vagina terbuka secara normal. Terapi ini untuk mencegah agar folikel tidak kambuh. Setelah operasi, ketika kembali ke rumah, pasien dapat menggunakan penghilang rasa sakit seperti yang diarahkan oleh dokter. Agar bisa keluar dengan cepat, Anda harus menjaganya tetap bersih, saat mencuci, hati-hati dan jangan melakukan hubungan seks ketika lukanya tidak sembuh. Baca juga: Cara mengobati kista bartholin secara alami

Posted by: Obat kista bartholin paling efektif
Disqus Comments